Kamis, 15 Januari 2009

BURSA PEMAIN
West Ham Tolak Jual Craig Bellamy
AP Photo/Sang Tan / Kompas Images
Penyerang West Ham United, Craig Bellamy (kiri), mencetak gol ke gawang Chelsea pada pertandingan Liga Inggris di Stamford Bridge, London, Desember tahun lalu. West Ham menolak tawaran Manchester City yang ingin membeli Bellamy.
Selasa, 13 Januari 2009 | 03:00 WIB

London, Senin - West Ham United menolak tawaran dari Manchester City yang hendak membeli striker Craig Bellamy. Tawaran kedua City itu sebesar Rp 150 miliar, meningkat cukup signifikan dibandingkan dengan tawaran pertama.

Ketua Eksekutif West Ham Scott Duxbury, Senin (12/1), menegaskan, ia tidak akan menjual pemain-pemain terbaiknya selama bursa transfer musim dingin. Manajer Manchester City Mark Hughes pekan lalu mengakui, tawaran pertama untuk Bellamy dan juga gelandang Scott Parker sebelumnya telah ditolak.

City, yang didukung kekuatan uang dari Abu Dhabi United Group, kemudian mengajukan tawaran kedua yang lebih tinggi untuk mendapatkan Bellamy. Namun, ”The Hammers” terus mempertahankan striker asal Wales itu. Penampilan Bellamy kian cemerlang dengan berhasil menjaringkan tiga gol dalam tiga pertandingan terakhir. Salah satunya adalah ke gawang mantan klubnya, Newcastle United, saat West Ham bermain imbang 2-2, pekan lalu. Bellamy menjadi bagian integral dari rencana Pelatih Gianfranco Zola untuk menyelamatkan West Ham dari ancaman degradasi.

Seusai laga melawan Newcas- tle, Zola memuji Bellamy dan pemain lain yang tidak terpengaruh dengan berbagai spekulasi soal transfer. ”Ada tiga pemain yang menjadi pusat spekulasi transfer saat ini, tetapi mereka adalah individu yang sangat fokus. Craig Bellamy, misalnya, ia menjadi contoh profesionalitas dan penampilannya melawan Newcastle sangat bagus. Saya percaya bisa mempertahankan semua pemain bulan ini,” kata Zola.

Hughes memiliki banyak uang untuk dibelanjakan pada bursa transfer Januari ini. Namun, ia baru berhasil mendatangkan bek kiri asal Chelsea, Wayne Bridge, untuk memperkuat skuad City yang tengah terancam degradasi. Striker Blackburn Rovers, Roque Santa Cruz, juga menjadi target. Namun, Rovers juga tak ingin kehilangan striker bintangnya pada bursa transfer kali ini.

Penolakan juga dialami Arsenal yang ingin membeli Andrei Arshavin dari Zenit St Petersburg. Zenit menetapkan harga Rp 330 miliar, tetapi Arsenal menawar separuhnya. Juru bicara Zenit, Alexei Petrov, mengatakan, Arsenal adalah satu-satunya klub yang membuat penawaran dan langsung ditolak. Pelatih Arsenal Arsene Wenger menginginkan Arshavin untuk menggantikan Cesc Fabregas yang cedera. (afp/reuters/ray)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar